Sistem Pendidikan di Indonesia

November 16, 2009 at 12:53 PM Leave a comment

Suatu negara yang ingin maju, harus lah mengolah SDM-nx dengan baik. Sebaik-baiknya SDA yang dimiliki, jika SDM-nya kurang baik akan jadi sia-sia. Sebaik-baiknya perekonomian dan keuangan negara tsb, jika SDM-nx juga tidak baik akan cepat hilang dan turun tingkat perekonomiannya. Tapi apa benar, untuk menghasilkan SDM yang baik haruslah mengeluarkan banyak biaya??? jawabanku adalah tidak harus…… yang dibutuhkan adalah planning yang baik. Pada saatnya nanti memang akan dikeluarkan biaya yang tinggi untuk itu tapi tidak harus di awal.

Sesuatu yang berhubungan dengan perbaikan SDM dalam suatu negara, tidak lepas dari pendidikan yang ada di negera tsb. lalu nagaimanakah sistem pendidikan yang ada di negara tercinta kita ini, Indonesia????

Selama saya mengenyam pendidikan dari TK sampai kuliah, telah sering sistem di negara ini diubah-ubah. Perubahan-perubahan itu tentunya dalah perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan sering berubah terjadi mulai era reformasi berguling.

Sistem Pendidikan saat orde baru

Sistem pendidikan saat itu, lebih mengarahkan pada ketundukan pada pemerintah saat itu. Penuntut dan penyebar ilmu tidak bisa leluasa untuk menyebarkan dan mempelajari sesuati, apalagi sesuatu yang akan mengancam kedaulatan kekuasaan saat itu. Masih ingat tahun 76-78 (bukan inget lha wong blom lahir :p), pendudukan militer di kampuz ITB gara2 penghinaan terhadap presiden saat itu. Beberapa mahasiswa jadi DPO militer. di bangku sekolah, siswa hanya digelontori materi-materi yang secara sistematis mengarahkan mereka untuk hanya diam.

Komentar saya dalam sistem pendidikan ini :

  • Materi pembelajarannya sepertinya telah dikonsep sedimikian rupa sehingga seakan siswa akan menjadi agak pasif.
  • Pembelajaran non akademik pun dipantau, pembelajaran yang dianggap berbahaya bagi pemerintahan akan dilarang.
  • Biaya penunjang pendidikan mahal menyebabkan hanya yang kaya yang dapat mendapatkan pendidikan yang layak
  • Birokrasi keuangan sekolah tidak teratur menyebabkan intransparansi di dalamnya. Siswa terkadang tidak mengetahui jika terdapat bantuan dari sekolah.

Sistem Pendidikan KBK

Sistem pendidikan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) baru diterapkan pada angkatan bawah saya. Saya tak terlalu mengenal mengenai sistem pendidikan ini, karena memang tidak sempat mengenyam sistem ini. Saat SMA, beberapa guru sempat menerapkan sistm ini pada qta. Sistem pendidikan ini tidaklah bertahan lama, tidak sampai 5 tahun telah digantikan dengan sistem yang baru. Dalam sistem pendidikan ini, siswa dituntut aktif dalam mencari bahan pembelajaran sendiri. Guru hanya menilai dan mengarahkannya saja.

Komentar saya dalam sistem pendidikan ini :

  • Secara muatan materi mirip seperti kurikulum sebelumnya yatu kurikulum 94.
  • Siswa dituntut aktif namun terkadang guru menjadi kurang bisa jadi fasilitator karena terkadang kurang update informasi terkini.
  • Sistem ini hanya bisa diterapkan di daerah tertentu dengan akses informasi yang baik.
  • Siswa lebih disibukkan untuk hal-hal yang sifatnya akademis. Siswa kesusahan untuk mengasah kemampuannya di bidang non-akademik

Sistem Pendidikan KTSP

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Pada prinsipnya, KTSP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Standar Isi , namun pengembangannya diserahkan kepada sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri. Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam persyaratan kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. itulah sekilas informasi yang saya dapatkan dari wikipedia.  Scara saya belum pernah observasi secara langsung untuk sistem pendidikan ini. Jadi saya hanya akan berkomentar berdasarkan informasi yang saya dapatkan saja.

Komentar saya dalam sistem pendidikan ini :

  • Sistem ini baek jikalau para pembuat kurikulum di setiap sekolah memiliki kompetensi yang baek dalam hal tersebut, sehingga perlunya adanya pelatihan untuk membuat kurikulum bwt sekolah masing-masing berdasarkan kebutuhan masing-masing
  • Harusnya ada kajian evaluasi dari semua tim MGMP sehingga mereka dapat saling sharing mengenai kurikulum yang mreka bangun.
  • tapi, landasan dasar dari sistem ini baek, jadi terjadi otonomi pendidikan di masing-masing daerah karena tiap daerah/satuan pendidikan memiliki kebutuhan dan tingkta pendidikan yang berbeda-beda.

Harapan sistem pendidikan menurut saya,

Pendidikan yang paling penting adalah tentang pembangunan karakter seperti mengajarkan pada qta bagaimana hidup secara sederhana, mandiri, empati dan produktif untuk pada tahapan awalnya. Karena hal itu lah yang akan menuntut pertumbuhan segala sektor bagi negara yang berkembang.

Untuk ketika pada level berikutnya, sistem pendidikan yang baik adalah mengarahkan seseorang sesuai bakat minat masing-masing menuju tenaga yang profesional. Pengenalan masing-masing profesi yang ada sangat lah penting dengan menunjukkan positif dan negatifnya masing-masing, dimana secara harfiah tuntutan dari masing-masing profesi adalah keprofesionalisme-nya dengan menunjukkan betapa pentingnya peran masing profesi pada sektornya masing-masing.

Pada kenyataannya sistem pendidikan yang dibangun hanyalah untuk di tempat-tempat pengajaran/lembaga/sekolah saja. Namun,  sangatlah penting bantuan dukungan dari lingkungan rumahnya masing-masing. sehingga diperlukan sinkronisasi antara pemerintah,  dunia pendidik dan keluarga. Rasanya sangat percuma apabila di sekolah memiliki sistem yang baik tetapi di lingkungan selain rumahnya tidak mendukungnya atau malah menghambat.

Ayo PAK NUH, bawa pendidikan indonesia ini lebih maju dan maju……….

Entry filed under: My Study. Tags: .

Meraih Mimpi by Gita Gutawa Pengalaman Lomba Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Recent Posts

Recent Comments

Status YM

RSS Metode Otak Unggul 283

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: